RAHASIA JIWA

oleh alifbraja

Tuhan Maha Agung, menciptakan ruh suci sebagai ciptaan yang paling sempurna didalam surga… Dia kemudian berkehendak untuk menurunkannya ke alam yang lebih rendah… untuk mengajarkan ruh suci tersebut untuk mencari… keintiman dan kedekatan azalinya dengan Tuhan… Dalam perjalanannya, Tuhan pertamakali mengirimkan pada alam Akal Kausal… ketika ia melewati alam ini, ia dibekali busana cahaya Ilahiah dan dikaruniai nama sultan jiwa (jiwa maharahasia). Ketika ia melewati alam malaikat…, ia dinamai “jiwa yang bergerak” (jiwa rahasia). Ketika Akhirnya ia turun ke alam/dunia materi, ia diberi pakaian… bahan yang kasar guna menyelamatkan dunia ini. Sebab, jika alam materi berhubungan langsung dengan ruh suci, ia akan terbakar menjadi debu. Dalam hubungannya dengan dunia ini, ia kemudian dikenal sebagai kehidupan, “jiwa insani”.
Tuhan menciptakan tubuh untuk didiami oleh sang jiwa… Dia menempatkan ruh suci di dalam lubuk hati terdalam, tempat Ia ciptakan sbuah ruang terbaik untuk menjaga rahasia tersebut antara Tuhan dan Hamba-Nya. jiwa2 ini berada dibagian yang berbeda dari tubuh….

Tempat “jiwa yang bergerak” (jiwa rahasia) adalah didalam kehidupan sang hati. Alam Malaikat secara terus-menerus berada dalam pandangannya…suara jiwa rahasia adalam didalam kehidupanadalah suara alam batiniah, tanpa kata2, tanpa bunyi. Pemikiran2nya secara terus-menerus berkaitan dengan rahasia dn makna2 tersembunyi….

Tempat sultan jiwa (jiwa maharahasia)… adalah pda lubuk hati terdalam – hatinya sang hati-. Urusan jiwa ini adalah kearifan ilahiah. Tugasnya adalah mengetahui seluruh pengetahuan ketuhanan, sebagai medium pengabdian sejati yang diungkapkan oleh bahasa hati…

(Abdul Qadir al-jilany, The secret of secrets,ditafsirkan oleh Syekh Tosun Bayrak. hal. 18-19)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: